Senin, 02 Februari 2009

Jenis-Jenis Komputer

02 Februari 2009



Jenis-Jenis Komputer

Saat ini terdapat puluhan jenis komputer yang tersebar. Setiap jenis komputer dibedakan berdasarkan bentuk dan data yang diolahnya dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

  1. Super Komputer, yaitu komputer yang dipergunakan untuk menampung dan melayani data dalam jumlah yang cukup besar serta mampu melaksanakan tugas-tugas yang tidak bisa dilakukan komputer berskala kecil. Komputer jenis ini biasanya dipergunakan badan antariksa sebagai pengolahan data.
  2. Mainframe Komputer, yaitu komputer yang terdapat pada perusahaan-perusahaan berskala besar, dipergunakan untuk melayani data yang berskala massal. Biasanya dipergunakan perusahaan telekomunikasi didalam melayani pelanggan. Komputer ini merupakan suatu jenis komputer yang sangat besar dan mahal, dan secara luas digunakan untuk banyak pekerjaan yang ada dalam perusahaan.
  3. Micro Komputer yaitu Komputer yang sering dipergunakan di perusahaan kecil, ataupun digunakan secara pribadi. Komputer mikro adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC).
  4. Analog Komputer

    Komputer analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier).
  5. Digital Komputer

    Digunakan untuk data berbentuk angka/huruf
    Keunggulan :
    • Memproses data lebih tepat
    • Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses
    • Dapat melakukan operasi logika
    • Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus
    • Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf,grafik maupun gambar.
  6. Hybrid Komputer

    Komputer Hybrid merupakan kombinasi komputer analog dan digital.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar